Begini Cara Daftar Online CPNS Kementerian Keuangan yang Benar [Lengkap dengan Solusi]
LOWONGANKERJA15.COM - Lowongan CPNS Kemenkeu, Begini Cara Daftar Online CPNS Kementerian Keuangan Dengan Benar. Pada penerimaan CPNS Periode dua, Kementerian keuangan merupakan salah satu kementerian yang membuka perekrutan untuk calon aparatur sipil negara. Pemerintah pada saat ini membutuhkan calon ASN sebanyak 2880 untuk formasi di kementerian keuangan republik indonesia dengan sebanyak 87 Jabatan yang nantinya ditempatkan di seluruh unit kerja kementerian keuangan pada unit eselon I. Dan kementerian keuangan merupakan kementerian yang paling banyak membutuhkan formasi diantara instansi lainnya dalam penerimaan CPNS Periode dua ini. Pasalnya Informasi mengenai lowongan penerimaan CPNS kementerian keuangan dimulai tanggal 5 s.d. 19 September 2017. Sedangkan waktu Pendaftaran sudah dilaksanakan secara online melalui laman: http://sscn.bkn.go.id/ pada tanggal 11 September 2017 s.d. tanggal 25 September 2017 dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) / NIK pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK / NIK Kepala Keluarga
Pada saat melakukan pendaftaran secara Online CPNS Kemenkeu, Masih banyak pelamar yang bingung dan belum memahami cara tepat dan benar dalam mendaftar CPNS Kementerian Keuangan. Terbukti tingginya keingintahuan para peserta melalui alamat email admin yang melontarkan sebuah pertanyaan mengenai bagaimana cara mendaftar CPNS di instansi kementerian keuangan. Perlu anda ketahui bahwa dalam melakukan kesalahan kecil ataupun memasukkan berkas yang salah, bisa berakibat fatal dan bisa anda dianggap gugur dalam seleksi awal. Untuk itu, Bersamaan dengan instansi lainnya juga, kamu harus lebih teliti dan berhati hatilah dalam memasukkan data yang benar. Untuk itu kami akan berikan ulasan secara lengkap bagaimana Cara Daftar Online CPNS Kementerian Keuangan Dengan Benar serta seputar permasalahan yang sering terjadi dalam mendaftar dan solusinya
Berikut ini Cara Daftar Online CPNS Kementerian Keuangan Dengan Benar yang sudah kami rangkum, sebagai berikut
I. Tata Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Keuangan
- Daftar di Web Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN BKN), Daftarkan diri anda melalui website Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN BKN) untuk mendapatkan Username dan Password
- Login menggunakan Username dan Password yang didaftarkan melalui Website Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN BKN)
- Isi Form, Lengkapi Formulir Pendaftaran yang ada dengan informasi yang lengkap dan benar
- Unggah dokumen - dokumen yang diminta. Ukuran File Max. 300KB dan jenis File PDF.
- Kunci data Anda Apabila Data Anda sudah benar. Setelah kunci data, Isian tidak dapat diubah
- Cetak Bukti pendaftaran yang akan dibawa pada saat verifikasi
II. Hal Hal Perlu Diperhatikan dalam Mendaftar CPNS Kemenkeu
- Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui laman sscnbkn.go.id mulai tanggal 11 September 2017 sampai dengan 25 September 2017 dengan menggunakan nomor induk kepegawaian (NIK) pada kartu tanda penduduk (KTP) /NIK pada kartu keluarga (KK) dan nomor KK / NIK Kepala keluarga
- Setelah memperoleh notifikasi untuk melakukan aktivasi melalui email dari portal nasional, pelamar harus segera melakukan aktivasi dan melakukan pendaftaran online di website rekrutmen.kemenkeu.go.id minimal 24 jam Setelah aktivasi dilakukan pada periode 11 September 2017 sampai dengan 25 September 2017
- Pada saat pendaftaran secara online, pelamar harus membaca dengan cermat petunjuk pendaftaran online serta menggunggah atau upload soft file berkas berjenis PDF file, dengan ukuran masing-masing maksimal 300 kb sebagai berikut
- Soft File hasil scan ijazah
- Soft File hasil scan transkrip nilai
- Soft File hasil scan ijazah SD, SMP, SMA, atau surat akte kelahiran pelamar, fotokopi KTP ayah kandung dan surat keterangan hubungan keluarga dari Kelurahan atau kepala desa khusus untuk pelamar putra putri Papua dan Papua Barat
- Pada saat pengambilan tanda peserta ujian atau TPU, peserta wajib membawa
- Asli ijazah
- Asli transkip nilai
- Asli ijazah SD, SMP ataupun SMA, asli surat keterangan keturunan Papua dari Kelurahan khusus untuk pelamar putra-putri Papua dan Papua Barat
- Dalam hal peserta tidak membawa salah satu berkas tersebut di atas maka peserta tidak berhak untuk mendapatkan tanda peserta ujian (TPU)
- Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online agar mengunduh atau mendownload dan mencetak tanda bukti pendaftaran pada laman rekrutmen.kemenkeu.go.id
III. Tahapan Seleksi Ujian CPNS Kemenkeu
Setiap peserta yang mengikuti rekrutmen di Kementerian Keuangan, akan melalui tahapan/seleksi yang terdiri dari:
- Seleksi Administrasi, Seleksi berdasarkan pada verifikasi dokumen yang diunggah (upload) dengan persyaratan pendaftaran
- Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis komputer
- Psikotes Online, Tes untuk mengetahui karakter individu masing-masing peserta
- Tes Kesehatan dan Kebugaran, Tes berupa olah raga dan pemeriksaan kondisi kesehatan
- Wawancara, Diperuntukkan bagi peserta dengan tingkat pendidikan sarjana, berupa tanya jawab untuk mengetahui maksud dan keinginan peserta
- Pemberkasan, Proses pengumpulan berkas-berkas persyaratan pengangkatan CPNS
IV. Kendala dan Solusi dalam Mendaftar CPNS Kementerian Kemenkeu
Berikut beberapa pertanyaan yang biasanya mucul beserta jawaban dalam Seputar Rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan 2017
Berikut adalah sebagian kompilasi tanya jawab yang sering diajukan atau merupakan Frequently Asked and Question (F.A.Q) yang berhasil dihimpun:
Kapan pendaftaran CPNS akan dimulai?
Jawaban:
Informasi mengenai lowongan penerimaan CPNS dimulai tanggal 5 s.d. 19 September 2017. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui laman: http://sscn.bkn.go.id/ mulai tanggal 11 September 2017 s.d. tanggal 25 September 2017 dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) / NIK pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK / NIK Kepala Keluarga
Untuk tahun ini, berapa jumlah formasi yang di butuhkan?
Jawaban:
Saat ini Kementerian Keuangan membutuhkan formasi CPNS untuk memenuhi kebutuhan SDM bagi Kementerian Keuangan, dimana jumlahnya sesuai dengan keputusan formasi Kementerian Keuangan akan ditetapkan oleh Kementerian PAN– RB, terdapat 2.880 formasi.
Kapan waktu dan tempat tes dilaksanakan?
Jawaban:
Lokasi pelaksanaan Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Keuangan TA 2017, untuk semua jurusan akan diselenggarakan di 6 (enam) kota, sebagai berikut: Medan; Jakarta; Yogyakarta; Balikpapan; Makassar; dan Jayapura.
Apakah harus menyertakan surat bebas NAPZA saat seleksi administratif?
Jawaban :
Saat seleksi administratif belum diperlukan surat bebas NAPZA. Surat bebas NAPZA menjadi persyaratan pada saat pemberkasan.
Dalam persyaratan pelamar untuk mengikuti rekrutmen Kementerian Keuangan, untuk persyaratan lulusan S2 diketahui bahwa maksimal berusia 30 tahun, bagaimana jika pelamar tersebut berusia di atas 30 tahun, tetapi telah memiliki pengalaman bekerja yang cukup bagus, dapatkah mengikuti seleksi yang ada?
Jawaban:
Bahwa Panitia Pusat Rekrutmen Kementerian Keuangan memiliki tugas dan kewenangan dalam menentukan syarat-syarat pendaftaran sesuai kebutuhan pada Rekrutmen Tahun Anggaran berjalan tersebut. Dengan demikian, Panitia Pusat Rekrutmen Kementerian Keuangan akan mengatur persyaratan usia maksimal bagi pelamar lulusan S1 dan S2. Oleh karena itu, karena segala proses seleksi penerimaan pegawai baru dilakukan atas landasan hukum yang telah ditetapkan, maka jika pelamar tidak memenuhi kualifikasi usia yang ada, maka tidak dapat mengikuti rekrutmen di Kementerian Keuangan
Bagaimana untuk menjadi fungsional widyaiswara atau dosen di Kemenkeu, apakah sudah diarahkan dari awal?
Jawaban:
Pegawai dapat diangkat menjadi fungsional widyaiswara atau dosen setelah memenuhi beberapa persyaratan administratif dan lolos seleksi. Persyaratan administratif biasanya mencakup golongan dan pendidikan, sedangkan untuk proses seleksi biasanya akan menggali kemampuan menyampaikan materi dan pengetahuan dari calon yang diuji. Apabila ada kebutuhan dari BPPK, pegawai yang memenuhi kualifikasi dapat mendaftar dan mengikuti proses seleksi.
Perbedaan rekrutmen CPNS Kemenkeu dengan Pendaftaran STAN?
Jawaban:
Pendaftaran STAN adalah untuk menjadi mahasiswa yang dididik dan dibiayai oleh negara dan selanjutnya menjalani Ikatan Dinas di lingkungan Kementerian Keuangan atau Kementerian lainnya. Rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan adalah penerimaan pegawai baru dari pelamar umum yang setelah lulus seleksi dapat diangkat sebagai CPNS Kementerian Keuangan.
Setahun beberapa kali rekrutmen? Bagaimana dengan career path Kemenkeu?
Jawaban:
Rekrutmen dapat dilaksanakan dalam setahun sekali, dengan disesuaikan dengan kebutuhan dan kebijakan pemerintah. Career path di Kementerian Keuangan, sebagaimana PNS di K/L lainnya terdapat dua alternatif pilihan, yaitu karir struktural dan fungsional.
Dapatkah menggunakan SKL (Surat Keterangan Lulus) dan kenapa harus hanya menggunakan ijazah bukan SKL, mengapa?
Jawaban:
Tidak dapat menggunakan SKL Ijazah memiliki kekuatan hukum yang kuat dan diakui dalam administrasi Pegawai Negeri Sipil, sebagai bukti hukum bahwa pelamar telah menyelesaikan pendidikannya dengan sah.
Apakah bentuk tes sama di tiap lokasi tes? Adakah perbedaan aturan pendaftaran di lokasi tes tersebut?
Jawaban:
Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) adalah salah satu tahapan seleksi yang dilalui oleh setiap pelamar CPNS berdasarkan kebijakan Badan Kepegawaian Negara dan Kementerian PAN dan RB dengan Bank Soal yang sama bagi seluruh peserta SKD di setiap kota. Begitu pun dengan tes kompetensi bidang yang dikelola oleh Kementerian Keuangan. Tidak terdapat perbedaan aturan pendaftaran untuk penyelenggaraan rekrutmen Kementerian Keuangan di setiap lokasi/ kota tersebut.
Bagaimana proses penempatan lulusan rekrutmen Kementerian Keuangan?
Jawaban:
Penempatan lulusan rekrutmen pegawai baru di Kementerian Keuangan dilaksanakan berdasarkan pemenuhan kebutuhan dari unit eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan, dengan memperhatikan latar belakang pendidikan dan hasil tes dari pelamar tersebut. Akan tetapi, pada pendaftaran awal, pelamar
berhak menentukan pilihan nama jabatan sesuai dengan kualifikasi pendidikan dan jenis formasi. Sedangkan untuk penempatan daerah bergantung dari kebutuhan unit eselon I masing-masing.
Bagaimana bila saat diterima PNS Kemenkeu, sedang menjalani kuliah S2? Bagaimana perlakuan terhadap ijazah S2 nanti?
Jawaban:
Pelamar yang mendaftar untuk mengisi kebutuhan formasi S1 menggunakan ijazah S1, sehingga ijazah yang digunakan untuk pengangkatan CPNS adalah ijazah pada saat pendaftaran.
Bagaimana sistem penilaian untuk setiap tahapan Tes? Apakah menggunakan sistem passing grade? Jika iya, berapa passing grade untuk masing-masing tahapan?
Jawaban:
Seleksi yang dilakukan di Kementerian Keuangan menggunakan metode sistem sel, sehingga sistem penilaiannya dilakukan oleh masing-masing Tim Kerja pada setiap seleksi. Passing Grade ditentukan oleh hasil Rapat antara Panitia Pusat dan Tim Kerja yang menangani setiap seleksi. Adapun sistem kelulusan sbb:
- Kelulusan Seleksi Administrasi didasarkan pada hasil verifikasi dokumen yang diunggah (upload) dan dokumen asli dibandingkan dengan persyaratan pendaftaran.
- Kelulusan SKD didasarkan pada nilai passing grade yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta secara peringkat tidak melebihi 3 (tiga) kali alokasi formasi yang dibutuhkan pada jabatan yang tersedia.
- Kelulusan Psikotes Online menggunakan sistem gugur dengan bobot penilaian hasil SKD 40% dan hasil Psikotes 60%, serta secara peringkat tidak melebihi 2 (dua) kali alokasi formasi yang dibutuhkan pada jabatan yang tersedia.
- Kelulusan Akhir pada jenjang Magister (S2) dan Sarjana (S1) ditentukan berdasarkan hasil integrasi SKD dan Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Wawancara, dengan bobot penilaian hasil SKD 40% dan hasil Tes Kesehatan, Kebugaran, dan Wawancara 60%.
- Kelulusan Akhir pada jenjang Diploma (DIII) ditentukan berdasarkan hasil integrasi SKD dan Tes Kesehatan dan Kebugaran, dengan bobot penilaian hasil SKD 40% dan hasil Tes Kesehatan dan Kebugaran 60%
Apakah ada biaya pendaftaran untuk masuk di Kementerian Keuangan?
Jawaban:
Perlu diketahui bahwa Kementerian Keuangan dalam pelaksanaan Rekrutmen, menjunjung tinggi prinsip kesamaan hak bagi setiap WNI, transparan, jujur, adil dan akuntabel serta bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dalam setiap tahapan tes. Jadi, tidak dipungut biaya apapun bagi peserta, dan jika ada oknum yang menjanjikan kelulusan bagi peserta maka hal itu merupakan tindakan penipuan dan Kementerian Keuangan tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang terjadi.
Apakah Seleksi Kompetensi Dasar berbasis CAT itu?
Jawaban:
Seleksi Kompetensi Dasar berbasis Computer Assisted Test (CAT) adalah tes yang diselenggarakan untuk mengukur kemampuan dasar yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan seseorang jika yang bersangkutan bekerja atau memangku jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan menggunakan komputer. Materi Tes Kompetensi Dasar sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara, yang meliputi: Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) serta Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Tes Wawasan Kebangsaan untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal
penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan 4 (empat) nilai - nilai Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:
- Pancasila;
- Undang Undang Dasar 1945;
- Bhinneka Tunggal Ika;
- Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata Negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintahdaerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar).
Kemudian Tes Intelegensi Umum (TIU) adalah untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika, serta kemampuan analisis, berikut adalah definisinya:
Terakhir adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang dimaksudkan untuk menilai kompetensi pelamar yang terkait:
- Integritas diri;
- Semangat berprestasi;
- Kreativitas dan inovasi;
- Orientasi pada pelayanan;
- Orientasi kepada orang lain;
- Kemampuan beradaptasi;
- Kemampuan mengendalikan diri;
- Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
- Kemauan dafn kemampuan belajar berkelanjutan;
- Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan
- Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.
Apakah bisa mendaftar lebih dari 1 instansi? Misal Kemenlu dan Kemenkeu?
Jawaban:
Tidak Bisa mendaftar pada satu tahap penerimaan CPNS yang sama, misal Kemenlu dan Kemenkeu. Akan tetapi, jika sudah mendaftar di penerimaan CPNS tahap 1 maka bisa, contoh sudah mendaftar di Kemenkumham pada tahap 1, kemudian pada tahap 2 ini mendaftar di Kemenkeu.
Apakah Diploma IV bisa disamakan dengan Strata 1?
Jawaban:
Tidak Bisa.
Apakah jurusan bisa dialihkan/disetarakan? Misal dari jurusan Administrasi Bisnis disetarakan dengan Jurusan Ekonomi atau Manajemen?
Jawaban:
Tidak Bisa. Untuk pendaftaran, peserta harus menyesuaikan dengan pilihan Jabatan dan Kualifikasi Pendidikan yang tercantum di Pengumuman pada Tabel II. Dalam 1 nama Jabatan terdapat Kualifikasi Pendidikan yang isinya memuat strata pendidikan serta jurusannya. Misal: Jabatan Analis berkas Sengketa, peserta yang bisa melamar yang memiliki kualifikasi pendidikan meliputi: S1 Hukum/Ilmu Hukum/Akuntansi/Perpustakaan/Kearsipan/Arsiparis. Diluar itu tidak bisa.
Demikianlah informasi mengenai Tata Cara Daftar Online CPNS Kementerian Keuangan Dengan Benar lengkap dengan permasalahan dan solusinya. Semoga saja Cara Daftar Online CPNS Kementerian Keuangan bisa berguna bagi anda yang ingin melamar pada rekrutmen CPNS Kemenkeu tahun 2017. Jika kamu masih saja bingung dan pelum paham dalam mendaftar CPNS Kemenkeu, silakan tuliskan kendala pada kolom komentar dibawah.
0 Response to "Begini Cara Daftar Online CPNS Kementerian Keuangan yang Benar [Lengkap dengan Solusi]"
Post a Comment