Buku Fatwa Implementasi Mapel Informatika Kurikulum 2013
Pedoman implementasi Muatan/mata pelajaran informatika kurikulum 2013 Jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas SMK) tertuang di dalam buku Pedoman kemendikbud.
Tujuan di implementasikannya Muatan/mata pelajaran Informatika kepada penerima didik dari jenjang SD hingga Sekolah Menengan Atas ialah biar siap menghadapi banyak sekali perubahan yang terjadi pada kala ke-21 dan era Revolusi Industri 4.0.
Pedoman ini ditulis dengan tujuan biar sanggup membantu semua pemangku kepentingan agar:
1. memahami pengertian, ruang lingkup, dan kedudukan Informatika pada pendidikan dasar dan menengah;
2. memahami konsep Informatika, muatan, dan perangkat kurikulumnya;
3. memahami proses pembelajaran yang diharapkan akan dilaksanakan;
4. mengetahui kriteria sekolah pelaksana mapel Informatika; dan
5. memahami prinsip, tahapan, dan seni administrasi implementasi muatan/mapel Informatika di sekolah.
Perbedaan Antara TIK dan Informatika
Muatan/mapel Informatika merupakan ekspansi dan pendalaman dari muatan TIK yang pada awal pemberlakuan Kurikulum 2013 yang penerapannya diintegrasikan kepada seluruh mapel melalui pembelajaran berbasis TIK. Perluasan dan pendalaman tersebut berdampak pada adanya perbedaan fundamental dari cakupan materi, proses pembelajaran, dan tujuan pembelajaran sebagaimana dijelaskan lebih rinci pada Lampiran A.Kompetensi Informatika tidak hanya menimbulkan penerima didik sebagai pemakai (user) dan konsumer saja, melainkan lebih menekankan pada kemampuan mengidentifikasi persoalan-persoalan dan mengusulkan solusinya, kemudian secara kreatif dan inovatif menghasilkan produk-produk teknologi warta sesuai dengan kaidah keilmuan informatika, rekayasa perangkat keras, perangkat lunak, dan pengolahan data dalam bentuk digital menjadi informasi. Kompetensi tersebut meliputi kecakapan digital yang diharapkan dalam kehidupan sehari-hari (life skill), pemanfaatan teknologi informasi, hingga dengan keilmuan informatika. Proses pembelajarannya dilakukan secara berjenjang, bertahap, dan berkelanjutan mulai dari SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.
Ruang Lingkup InformatikaMuatan/mapel Informatika berisi seperangkat KI (kompetensi inti) dan KD (kompetensi dasar) yang dirancang untuk menunjukkan “bekal” keilmuan informatika kepada penerima didik jenjang pendidikan dasar dan menengah. Bekal yang dimaksud meliputi beberapa kemampuan sebagai berikut.
1. Berpikir, yaitu berpikir komputasional yang menjadi landasan dan prinsip pemecahan duduk kasus yang akan diselesaikan dengan dukungan komputer.
2. Berkarya dan terampil, yaitu kemampuan dalam memakai dan menghasilkan produk TIK serta berkomunikasi dan berkolaborasi di dunia digital dengan memanfaatkan sarana TIK.
3. Berpengetahuan, yaitu kemampuan wacana keilmuan informatika yang meliputi lima area pengetahuan informatika yaitu Teknik Komputer, Jaringan Komputer/Internet, Analisis Data, Algoritme, dan Pemrograman, dan Dampak Sosial Informatika.
4. Berkarakter, yaitu berkemampuan dalam mendayagunakan teknologi untuk menunjang kehidupan dan berkomunikasi.
Mengacu kepada konsep kurikulum yang didefinisikan pada https://k12cs.org,didefinisikan 5 (lima) area pengetahuan informatika:
a. Teknik Komputer - TK;
b. Jaringan Komputer/Internet - JKI;
c. Analisis Data - AD;
d. Algoritme dan Pemrograman - AP; dan
e. Dampak Sosial Informatika - DSI.
Peta Kompetensi Dasar Informatika
Kompetensi Dasar Informatika dipetakan menurut cakupan area pengetahuan dan keterampilan informatika ke dalam tingkat kelas, mulai dari Kelas I hingga dengan Kelas XII. Peta KD Informatika sanggup dilihat pada Tabel 2.1.
TIK: Teknologi Informasi dan KomunikasiAD : Analisis Data
BK : Berpikir Komputasional
AP : Algoritme dan Pemrograman
Taman Kanak-kanak : Teknik Komputer
DS : Dampak Sosial Informatika
JKI:Jaringan Komputer/Internet
PLB: Praktik Lintas Bidang
Kompetensi Dasar muatan/mapel Informatika Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas dimuat di Lampiran Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 wacana Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah
Selengkapnya silahkan Download Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018.
Cara Penyampaian Muatan Informatika
Proses pembelajaran Informatika diharapkan untuk dilaksanakan melalui banyak sekali acara yang sanggup menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kerja sama sebagai mana diharapkan sebagai ciri utama kemampuan kala ke-21. Selain itu, melalui proses berguru yang menyenangkan dan bermakna, penerima didik akan bertumbuh untuk memenuhi standar penerima didik yang menjadi pembelajar berdaya, warga digital yang baik, konstruktor pengetahuan, perancang yang inovatif, pemikir komputasional, kolaborator global, dan komunikator yang kreatif.
Informatika ialah ilmu formal yang abstrak, terlalu sulit untuk dipahami oleh anak-anak. Karena itu, guru harus kreatif untuk mencari cara penyampaian yang mendekatkan konsep ajaib tersebut ke duduk kasus sehari-hari di sekitar penerima didik. Pembelajaran Informatika juga mengandung aspek dinamis dari sanksi sistem komputer, yang hanya sanggup ditangkap dengan mengobservasi, merasakan, dan mengalami dampaknya pada dunia kasatmata
Muatan Informatika ditata untuk mencapai kompetensi perjenjang pendidikan. Subyek berguru yang sama sanggup diulang untuk jenjang berikutnya dengan menerapkan kasus-kasus yang lebih kompleks dan pencarian solusi yang lebih efisien dan optimal. Muatan sanggup disampaikan dengan cara berbeda yaitu deduktif ataupun induktif, sesuai alur yang dipilih oleh guru yang dipertimbangkan lebih cocok untuk anak didik.
Jika bapak dan ibu guru membutuhkan silahkan Download buku Pedoman Implementasi Mapel Informatika Kurikulum 2013 Kemendikbud, UNDUH DISINI.
0 Response to "Buku Fatwa Implementasi Mapel Informatika Kurikulum 2013"
Post a Comment