Tanya Jawab Perihal Sertifikasi Guru Tahun 2019
1. Mengapa sertifikasi guru dilakukan?
Jawab:
Guru merupakan suatu profesi layaknya profesi lain. Oleh
alasannya itu, semoga sanggup dikatakan professional, maka Guru perlu
disertifikasi untuk menguasai 4 kompetensi meliputi kompetensi
pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan
kompetensi profesional. Sertifikasi guru dilaksanakan melalui
pendidikan profesi guru.
alasannya itu, semoga sanggup dikatakan professional, maka Guru perlu
disertifikasi untuk menguasai 4 kompetensi meliputi kompetensi
pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan
kompetensi profesional. Sertifikasi guru dilaksanakan melalui
pendidikan profesi guru.
Jawab:
Dasar utama pelaksanaan sertifikasi ialah Undang-Undang
Nomor 14 Tahun 2005 perihal Guru dan Dosen (UUGD) yang
disahkan tanggal 30 Desember 2005.
Nomor 14 Tahun 2005 perihal Guru dan Dosen (UUGD) yang
disahkan tanggal 30 Desember 2005.
Pasal yang menyatakannya ialah Pasal 8: guru wajib memiliki
kualifikasi akademik, kompetensi, akta pendidik, sehat jas-
mani dan rohani, serta mempunyai kemampuan untuk mewujud-
kan tujuan pendidikan nasional. Pasal lainnya ialah Pasal 11,
ayat (1) menyebutkan bahwa akta pendidik sebagaimana
dalam pasal 8 diberikan kepada guru yang telah memenuhi
persyaratan. Landasan aturan lainnya ialah Undang-Undang
Nomor 20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional,
dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun
2007 perihal Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan yang ditetap-
kan pada tanggal 4 Mei 2007. Selanjutnya ditetapkan berbagai
peraturan perundang-undangan perihal pelaksanaan Sertifi-
kasi Guru bagi Guru dalam Jabatan.
kualifikasi akademik, kompetensi, akta pendidik, sehat jas-
mani dan rohani, serta mempunyai kemampuan untuk mewujud-
kan tujuan pendidikan nasional. Pasal lainnya ialah Pasal 11,
ayat (1) menyebutkan bahwa akta pendidik sebagaimana
dalam pasal 8 diberikan kepada guru yang telah memenuhi
persyaratan. Landasan aturan lainnya ialah Undang-Undang
Nomor 20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional,
dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun
2007 perihal Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan yang ditetap-
kan pada tanggal 4 Mei 2007. Selanjutnya ditetapkan berbagai
peraturan perundang-undangan perihal pelaksanaan Sertifi-
kasi Guru bagi Guru dalam Jabatan.
Jawab:
UUGD Pasal 11 ayat (2) dinyatakan bahwa sertifikasi pendidik
diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang mempunyai program
pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi dan
ditetapkan oleh Pemerintah. Dengan demikian sertifikasi guru
diselenggarakan oleh LPTK yang terakreditasi.
diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang mempunyai program
pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi dan
ditetapkan oleh Pemerintah. Dengan demikian sertifikasi guru
diselenggarakan oleh LPTK yang terakreditasi.
Jawab:
Sertifikasi merupakan sarana atau instrumen untuk mencapai
suatu tujuan, bukan tujuan itu sendiri. Perlu ada kesadaran dan
pemahaman dari semua fihak bahwa sertifikasi ialah sarana
untuk menuju kualitas. Kesadaran dan pemahaman ini akan
melahirkan kegiatan yang benar, bahwa apapun yang dilakukan
ialah untuk mencapai kualitas.
suatu tujuan, bukan tujuan itu sendiri. Perlu ada kesadaran dan
pemahaman dari semua fihak bahwa sertifikasi ialah sarana
untuk menuju kualitas. Kesadaran dan pemahaman ini akan
melahirkan kegiatan yang benar, bahwa apapun yang dilakukan
ialah untuk mencapai kualitas.
Contohnya, kalau seorang guru kembali masuk kampus untuk
meningkatkan kualifikasi akademiknya, maka mencar ilmu kembali
ini bertujuan untuk mendapat embel-embel ilmu pengetahuan
dan keterampilan, sehingga mendapat ijazah S-1. Ijazah S-1
bukan tujuan yang harus dicapai dengan segala cara, termasuk
cara yang tidak benar melainkan konsekuensi dari telah belajar
dan telah mendapat embel-embel ilmu dan keterampilan baru.
Demikian pula kalau guru mengikuti sertifikasi, tujuan utama
bukan untuk mendapat pinjaman profesi, melainkan
untuk sanggup memperlihatkan bahwa yang bersangkutan telah
mempunyai kompetensi sebagaimana disyaratkan dalam standar
kompetensi guru. Tunjangan profesi ialah konsekuensi logis
yang menyertai adanya kemampuan yang dimaksud. Dengan
menyadari hal ini maka guru tidak akan mencari jalan lain
guna memperoleh akta profesi kecuali mempersiapkan
diri dengan mencar ilmu yang benar untuk menghadapi sertifikasi.
Berdasarkan hal tersebut, maka sertifikasi akan membawa
dampak positif, yaitu meningkatnya kualitas guru.
meningkatkan kualifikasi akademiknya, maka mencar ilmu kembali
ini bertujuan untuk mendapat embel-embel ilmu pengetahuan
dan keterampilan, sehingga mendapat ijazah S-1. Ijazah S-1
bukan tujuan yang harus dicapai dengan segala cara, termasuk
cara yang tidak benar melainkan konsekuensi dari telah belajar
dan telah mendapat embel-embel ilmu dan keterampilan baru.
Demikian pula kalau guru mengikuti sertifikasi, tujuan utama
bukan untuk mendapat pinjaman profesi, melainkan
untuk sanggup memperlihatkan bahwa yang bersangkutan telah
mempunyai kompetensi sebagaimana disyaratkan dalam standar
kompetensi guru. Tunjangan profesi ialah konsekuensi logis
yang menyertai adanya kemampuan yang dimaksud. Dengan
menyadari hal ini maka guru tidak akan mencari jalan lain
guna memperoleh akta profesi kecuali mempersiapkan
diri dengan mencar ilmu yang benar untuk menghadapi sertifikasi.
Berdasarkan hal tersebut, maka sertifikasi akan membawa
dampak positif, yaitu meningkatnya kualitas guru.
Jawab:
Program Pendidikan Profesi Guru yang selanjutnya disebut
Program PPG sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 1 butir
5 Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Nomor 55 Tahun 2017 perihal Standar Pendidikan Guru adalah
agenda pendidikan yang diselenggarakan sesudah program
sarjana atau sarjana terapan untuk mendapat sertifikat
pendidik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal,
pendidikan dasar, dan/atau pendidikan menengah.
Program PPG sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 1 butir
5 Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Nomor 55 Tahun 2017 perihal Standar Pendidikan Guru adalah
agenda pendidikan yang diselenggarakan sesudah program
sarjana atau sarjana terapan untuk mendapat sertifikat
pendidik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal,
pendidikan dasar, dan/atau pendidikan menengah.
Jawab:
Terdapat dua jenis Program PPG menurut kelompok
target yaitu:
target yaitu:
1. PPG Pra Jabatan, yaitu PPG yang diperuntukkan bagi calon
guru yang telah memenuhi persyaratan kualifikasi akademik
S-1/D-IV dan akan melamar menjadi guru.
guru yang telah memenuhi persyaratan kualifikasi akademik
S-1/D-IV dan akan melamar menjadi guru.
2. PPG Dalam Jabatan, yaitu PPG yang diperuntukkan bagi
guru dalam jabatan. Guru dalam Jabatan ialah guru
pegawai negeri sipil dan guru bukan pegawai negeri sipil
yang sudah mengajar pada satuan pendidikan, baik yang
diselenggarakan pemerintah pusat, pemerintah daerah,
maupun masyarakat penyelenggara pendidikan yang
sudah mempunyai perjanjian kerja atau kesepakatan
kerja bersama.
guru dalam jabatan. Guru dalam Jabatan ialah guru
pegawai negeri sipil dan guru bukan pegawai negeri sipil
yang sudah mengajar pada satuan pendidikan, baik yang
diselenggarakan pemerintah pusat, pemerintah daerah,
maupun masyarakat penyelenggara pendidikan yang
sudah mempunyai perjanjian kerja atau kesepakatan
kerja bersama.
Jawab:
Guru PNS dan Guru Bukan PNS yang telah diangkat sampai
dengan selesai tahun 2015 dan memenuhi persyaratan yang
ditentukan.
dengan selesai tahun 2015 dan memenuhi persyaratan yang
ditentukan.
Jawab:
Tidak, semua guru yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan
sanggup mengikuti sertifikasi guru dalam jabatan.
sanggup mengikuti sertifikasi guru dalam jabatan.
Jawab:
Persyaratan mengikuti Sertifikasi melalui PPG dalam Jabatan
ialah sebagai berikut:
ialah sebagai berikut:
a. memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma
empat (D-IV);
empat (D-IV);
b. Guru dalam Jabatan atau pegawai negeri sipil yang
mendapat kiprah mengajar yang sudah diangkat sampai
dengan selesai tahun 2015;
mendapat kiprah mengajar yang sudah diangkat sampai
dengan selesai tahun 2015;
c. memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan
(NUPTK); dan
(NUPTK); dan
d. terdaftar pada data pokok pendidikan Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Pendidikan dan Kebudayaan.
Jawab:
Guru dalam jabatan ialah guru yang secara resmi diangkat
dan telah mengajar pada suatu satuan pendidikan pada saat
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 perihal Guru dan
Dosen diberlakukan.
dan telah mengajar pada suatu satuan pendidikan pada saat
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 perihal Guru dan
Dosen diberlakukan.
Jawab:
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang
Guru menyebutkan bahwa jumlah akseptor didik program
pendidikan profesi guru setiap tahun ditetapkan oleh
Menteri. Berdasarkan ketentuan tersebut, maka jumlah kuota
mahasiswa PPG setiap agenda studi dan LPTK penyelenggara
ditentukan oleh Kemenristekdikti dengan mempertimbangkan
beberapa hal, di antaranya:
Guru menyebutkan bahwa jumlah akseptor didik program
pendidikan profesi guru setiap tahun ditetapkan oleh
Menteri. Berdasarkan ketentuan tersebut, maka jumlah kuota
mahasiswa PPG setiap agenda studi dan LPTK penyelenggara
ditentukan oleh Kemenristekdikti dengan mempertimbangkan
beberapa hal, di antaranya:
1. kebutuhan guru secara nasional untuk setiap agenda studi,
2. kapasitas setiap LPTK,
3. ketersediaan anggaran pemerintah.
12. Apakah guru kejuruan yang sudah mendapat sertifikat
profesi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) masih harus
mengikuti proses sertifikasi guru untuk mendapatkan
akta pendidik?
profesi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) masih harus
mengikuti proses sertifikasi guru untuk mendapatkan
akta pendidik?
Jawab:
Guru bukan PNS atau guru tetap yayasan (GTY)/guru honorer
yang mengajar di sekolah negeri yang memperoleh Surat
Keputusan Pengangkatan sebagai guru gaji dari Bupati/
Walikota/Gubernur sesuai dengan kewenangannya boleh
mengikuti sertifikasi.
yang mengajar di sekolah negeri yang memperoleh Surat
Keputusan Pengangkatan sebagai guru gaji dari Bupati/
Walikota/Gubernur sesuai dengan kewenangannya boleh
mengikuti sertifikasi.
13. Apakah guru bukan PNS atau honorer boleh mengikuti
sertifikasi guru?
sertifikasi guru?
Jawab:
Guru bukan PNS atau guru gaji yang sanggup disertifikasi adalah
guru tetap yayasan (GTY) dan guru honorer yang mengajar di
sekolah negeri yang memperoleh Surat Keputusan Pengangkatan
sebagai guru gaji dari Bupati/Walikota/Gubernur sesuai
dengan kewenangannya.
guru tetap yayasan (GTY) dan guru honorer yang mengajar di
sekolah negeri yang memperoleh Surat Keputusan Pengangkatan
sebagai guru gaji dari Bupati/Walikota/Gubernur sesuai
dengan kewenangannya.
14. Guru Pendidikan Agama yang bertugas di sekolah, siapa
yang mensertifikasi?
yang mensertifikasi?
Jawab:
Berdasarkan Surat Edaran Bersama antara Dirjen PMPTK dan
Sekretaris Jenderal Departemen Agama Nomor SJ/DJ.I/Kp.02/
1569/2007 dan Nomor 4823/F/SE/2007 tanggal 7 Agustus
2007, sertifikasi guru bagi guru Agama (termasuk guru Agama
yang mempunyai di sekolah) dan semua guru yang mengajar di
Madrasah (termasuk guru bidang studi umum yang memiliki)
diselenggarakan oleh Kementerian Agama dengan kuota dari
Kementerian Agama dan aturan penetapan akseptor mengikuti
aturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sekretaris Jenderal Departemen Agama Nomor SJ/DJ.I/Kp.02/
1569/2007 dan Nomor 4823/F/SE/2007 tanggal 7 Agustus
2007, sertifikasi guru bagi guru Agama (termasuk guru Agama
yang mempunyai di sekolah) dan semua guru yang mengajar di
Madrasah (termasuk guru bidang studi umum yang memiliki)
diselenggarakan oleh Kementerian Agama dengan kuota dari
Kementerian Agama dan aturan penetapan akseptor mengikuti
aturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Jawab:
Ya, guru yang tidak lulus sertifikasi guru sanggup mengikuti sertifikasi
guru lagi pada tahun berikutnya dan harus mendaftarkan
kembali melalui dinas pendidikan kabupaten/ kota/provinsi
sesuai dengan kewenangannya.
guru lagi pada tahun berikutnya dan harus mendaftarkan
kembali melalui dinas pendidikan kabupaten/ kota/provinsi
sesuai dengan kewenangannya.
Jawab:
Ketentuan rekrutmen akseptor sertifikasi ialah sebagai berikut:
1. Kemdikbud mengumumkan seleksi mahasiswa Program
PPG dalam Jabatan melalui edaran resmi dan disebarluaskan
secara daring (online) www.sergur.kemdikbud.go.id.
PPG dalam Jabatan melalui edaran resmi dan disebarluaskan
secara daring (online) www.sergur.kemdikbud.go.id.
2. Calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan melakukan
pendaftaran seleksi agenda PPG secara online dengan
mengisi format pada sistem aplikasi pendaftaran (SIM
PKB) dan mengunggah berkas dokumen persyaratan
yang ditentukan dan diverifikasi linieritas antara kualifikasi
akademik S-1/D-IV dengan agenda studi PPG yang dipilih.
pendaftaran seleksi agenda PPG secara online dengan
mengisi format pada sistem aplikasi pendaftaran (SIM
PKB) dan mengunggah berkas dokumen persyaratan
yang ditentukan dan diverifikasi linieritas antara kualifikasi
akademik S-1/D-IV dengan agenda studi PPG yang dipilih.
3. Calon mahasiswa selanjutnya mengikuti seleksi akademik
online.
online.
4. Setelah calon mahasiswa dinyatakan lulus seleksi akademik,
selanjutnya calon mahasiswa mengikuti seleksi administrasi
dengan mengumpulkan berkas-berkas yang dipersyaratkan
ke dinas pendidikan kabupaten/kota/propinsi untuk
diverifikasi dan validasi keabsahan dokumen yang
diserahkan kemudian dilanjutkan verifikasi berkas di tingkat LPMP
untuk pengecekan selesai dokumen.
selanjutnya calon mahasiswa mengikuti seleksi administrasi
dengan mengumpulkan berkas-berkas yang dipersyaratkan
ke dinas pendidikan kabupaten/kota/propinsi untuk
diverifikasi dan validasi keabsahan dokumen yang
diserahkan kemudian dilanjutkan verifikasi berkas di tingkat LPMP
untuk pengecekan selesai dokumen.
5. Mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi akademik dapat
mengikuti pendaftaran online.
mengikuti pendaftaran online.
Jawab:
Penilik Sekolah tidak sanggup mengikuti sertifikasi guru karena
sesuai UU Guru dan Dosen akseptor sertifikasi guru dalam
jabatan ialah guru yang bertugas di sekolah formal, yaitu guru
kelas, guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling atau
konselor, dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas
satuan pendidikan. Penilik sekolah bertugas pada pendidikan
non formal, sehingga tidak memenuhi persyaratan untuk
disertifikasi.
sesuai UU Guru dan Dosen akseptor sertifikasi guru dalam
jabatan ialah guru yang bertugas di sekolah formal, yaitu guru
kelas, guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling atau
konselor, dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas
satuan pendidikan. Penilik sekolah bertugas pada pendidikan
non formal, sehingga tidak memenuhi persyaratan untuk
disertifikasi.
18. Apakah beban kerja minimum 24 jam tatap muka per minggu
menjadi persyaratan utama dalam mengikuti sertifikasi
guru?
menjadi persyaratan utama dalam mengikuti sertifikasi
guru?
Jawab:
Beban kerja minimum 24 jam tatap muka per ahad tidak
menjadi persyaratan utama dalam mengikuti sertifikasi guru.
menjadi persyaratan utama dalam mengikuti sertifikasi guru.
Jawab:
Seseorang sanggup memperoleh lebih dari satu akta pendidik,
namun hanya dengan satu nomor pendaftaran dari Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
namun hanya dengan satu nomor pendaftaran dari Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Jawab:
Sertifikat pendidik yang diperoleh guru berlaku sepanjang yang
bersangkutan melaksanakan kiprah sebagai guru sesuai dengan
ketentuan peraturan perundang-undangan.
bersangkutan melaksanakan kiprah sebagai guru sesuai dengan
ketentuan peraturan perundang-undangan.
Guru wajib mempertahankan profesinya dengan melalui
kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB).
kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB).
21. Guru Bukan PNS yang telah mempunyai akta pendidik
kemudian diangkat menjadi guru PNS, bagaimana sertifikat
pendidik yang telah dimilikinya?
kemudian diangkat menjadi guru PNS, bagaimana sertifikat
pendidik yang telah dimilikinya?
Jawab:
Sertifikat pendidik yang diperoleh semasa masih menjadi guru
bukan PNS akan tetap berlaku jikalau guru tersebut menjadi PNS
dan akta pendidik sanggup dipakai untuk memperoleh
pinjaman profesi jikalau guru yang bersangkutan memenuhi
persyaratan lainnya.
bukan PNS akan tetap berlaku jikalau guru tersebut menjadi PNS
dan akta pendidik sanggup dipakai untuk memperoleh
pinjaman profesi jikalau guru yang bersangkutan memenuhi
persyaratan lainnya.
22. Apakah guru yang telah disertifikasi kemudian diangkat
dalam jabatan pengawas sekolah perlu disertifikasi lagi?
Jawab:
dalam jabatan pengawas sekolah perlu disertifikasi lagi?
Jawab:
Guru yang telah mempunyai akta pendidik kemudian diangkat
dalam jabatan pengawas sekolah tidak perlu mengikuti sertifikasi
lagi, begitu pula sebaliknya.
dalam jabatan pengawas sekolah tidak perlu mengikuti sertifikasi
lagi, begitu pula sebaliknya.
23. Seorang guru SD yang telah disertifikasi sebagai guru kelas
kemudian alih kiprah mengajar ke Sekolah Menengah Pertama sebagai guru mata
pelajaran, bagaimana akta pendidik dan tunjangan
profesinya?
kemudian alih kiprah mengajar ke Sekolah Menengah Pertama sebagai guru mata
pelajaran, bagaimana akta pendidik dan tunjangan
profesinya?
Jawab:
Tunjangan profesi diberikan kepada guru sesuai dengan
akta pendidiknya. Sertifikat pendidik bagi guru SD adalah
guru kelas, sehingga ketika guru alih kiprah sebagai guru mata
pelajaran di SMP, maka sertifikatnya tidak bisa dipakai untuk
memperoleh pinjaman profesi. Guru tersebut harus mengikuti
sertifikasi kembali sebagai guru mata pelajaran.
akta pendidiknya. Sertifikat pendidik bagi guru SD adalah
guru kelas, sehingga ketika guru alih kiprah sebagai guru mata
pelajaran di SMP, maka sertifikatnya tidak bisa dipakai untuk
memperoleh pinjaman profesi. Guru tersebut harus mengikuti
sertifikasi kembali sebagai guru mata pelajaran.
24. Guru matapelajaran pada Sekolah Menengah Pertama pindah ke Sekolah Menengan Atas dengan
matapelajaran yang sama bagaimana posisinya?
matapelajaran yang sama bagaimana posisinya?
Jawab:
Asalkan guru tersebut mempunyai surat perihal perpindahan dari
Pejabat Pembina Kepegawaiannya, mengajar sesuai dengan
akta pendidik yang dimilikinya, maka guru tersebut tetap
sanggup memperoleh pinjaman profesi sesudah memenuhi beban
kerja, kehadiran, dan kinerjanya.
Pejabat Pembina Kepegawaiannya, mengajar sesuai dengan
akta pendidik yang dimilikinya, maka guru tersebut tetap
sanggup memperoleh pinjaman profesi sesudah memenuhi beban
kerja, kehadiran, dan kinerjanya.
Jawab:
Mulai tahun 2015 penetapan bidang studi untuk mengikuti
sertifikasi harus linier dengan kualifikasi akademik S-1/D-IV
yang dimilikinya, kecuali guru yang diangkat sebelum tanggal
31 Desember 2005 sanggup mengacu pada bidang studi sesuai
mata pelajaran yang diampu minimal 5 (lima) tahun berturut-
turut yang berakhir pada tahun 2014.
sertifikasi harus linier dengan kualifikasi akademik S-1/D-IV
yang dimilikinya, kecuali guru yang diangkat sebelum tanggal
31 Desember 2005 sanggup mengacu pada bidang studi sesuai
mata pelajaran yang diampu minimal 5 (lima) tahun berturut-
turut yang berakhir pada tahun 2014.
Jawab:
Penetapan kelulusan akseptor Program PPG mengacu pada pasal
21 ayat (2) Permenristekdikti Nomor 55 tahun 2017 tentang
Standar Pendidikan Guru. Pasal 21 ayat (2) menyatakan bahwa
penilaian terhadap proses dan hasil mencar ilmu mahasiswa meliputi:
1. penilaian proses dan produk pengembangan perangkat
pembelajaran;
21 ayat (2) Permenristekdikti Nomor 55 tahun 2017 tentang
Standar Pendidikan Guru. Pasal 21 ayat (2) menyatakan bahwa
penilaian terhadap proses dan hasil mencar ilmu mahasiswa meliputi:
1. penilaian proses dan produk pengembangan perangkat
pembelajaran;
2. proses dan produk PPL;
3. uji kompetensi; dan
4. penilaian kehidupan bermasyarakat di asrama/sarana lain.
Selanjutnya ayat (3) menyatakan bahwa Program PPG diakh-
iri dengan uji kompetensi yang diselenggarakan oleh pani-
tia nasional, dan ayat (4) menyatakan bahwa Uji kompetensi
sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dilakukan melalui uji tu-
lis dan uji kinerja sesuai dengan standar nasional kompetensi
guru. Ayat (5) menyatakan bahwa akseptor yang lulus penilaian
proses dan produk pengembangan perangkat pembelaja-
ran, proses dan produk PPL, uji kompetensi, dan penilaian
kehidupan berasrama memperoleh akta pendidik yang ber-
laris secara nasional.
Selanjutnya ayat (3) menyatakan bahwa Program PPG diakh-
iri dengan uji kompetensi yang diselenggarakan oleh pani-
tia nasional, dan ayat (4) menyatakan bahwa Uji kompetensi
sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dilakukan melalui uji tu-
lis dan uji kinerja sesuai dengan standar nasional kompetensi
guru. Ayat (5) menyatakan bahwa akseptor yang lulus penilaian
proses dan produk pengembangan perangkat pembelaja-
ran, proses dan produk PPL, uji kompetensi, dan penilaian
kehidupan berasrama memperoleh akta pendidik yang ber-
laris secara nasional.
Jawab:
Proses penilaian akseptor Program PPG dilakukan melalui
dua tahap. Tahap pertama penilaian dilakukan oleh LPTK,
mencakup: 1) penilaian proses dan produk pengembangan
perangkat pembelajaran, 2) penilaian proses dan produk PPL,
dan 3) penilaian kehidupan bermasyarakat di asrama/sarana
lain. Tahap kedua penilaian sebagai uji kompetensi (UKMPPG),
dilakukan oleh panitia nasional, mencakup: 1) Uji Tulis
Nasional (UTN) dan 2) Uji Kinerja. Peserta sanggup mengikuti
penilaian tahap kedua sesudah akseptor mengikuti penilaian tahap
pertama dengan predikat baik.
dua tahap. Tahap pertama penilaian dilakukan oleh LPTK,
mencakup: 1) penilaian proses dan produk pengembangan
perangkat pembelajaran, 2) penilaian proses dan produk PPL,
dan 3) penilaian kehidupan bermasyarakat di asrama/sarana
lain. Tahap kedua penilaian sebagai uji kompetensi (UKMPPG),
dilakukan oleh panitia nasional, mencakup: 1) Uji Tulis
Nasional (UTN) dan 2) Uji Kinerja. Peserta sanggup mengikuti
penilaian tahap kedua sesudah akseptor mengikuti penilaian tahap
pertama dengan predikat baik.
Kelulusan mahasiswa Program PPG ditetapkan berdasarkan
hasil penilaian tahap kedua (UKMPPG) sebagai exit exam, dan
penetapan nilai batas lulus (NBL) untuk tiap bidang studi
atau agenda keahlian PPG melalui proses standard setting
dengan memakai metode modified Angoff.
hasil penilaian tahap kedua (UKMPPG) sebagai exit exam, dan
penetapan nilai batas lulus (NBL) untuk tiap bidang studi
atau agenda keahlian PPG melalui proses standard setting
dengan memakai metode modified Angoff.
Penilaian mahasiswa agenda PPG Produktif (kejuruan),
selain penilaian tahap pertama dan tahap kedua juga disertai
uji kompetensi bidang keahlian yang dilakukan oleh Lembaga
Sertifikasi Profesi (LSP).
selain penilaian tahap pertama dan tahap kedua juga disertai
uji kompetensi bidang keahlian yang dilakukan oleh Lembaga
Sertifikasi Profesi (LSP).
Jawab:
Kompetensi pedagogik meliputi:
a. pemahaman terhadap akseptor didik, dengan indikator
esensial: memahami akseptor didik dengan memanfaatkan
prinsip-prinsip perkembangan kognitif dan kepribadian dan
mengidentifikasi bekal-ajar awal akseptor didik.
esensial: memahami akseptor didik dengan memanfaatkan
prinsip-prinsip perkembangan kognitif dan kepribadian dan
mengidentifikasi bekal-ajar awal akseptor didik.
b. perancangan pembelajaran, dengan indikator esensial: me-
mahami landasan kependidikan; menerapkan teori belajar
dan pembelajaran; memilih taktik pembelajaran ber-
dasarkan karakteristik akseptor didik, kompetensi yang ingin
dicapai, dan bahan ajar; serta menyusun rancangan pem-
belajaran menurut taktik yang dipilih.
mahami landasan kependidikan; menerapkan teori belajar
dan pembelajaran; memilih taktik pembelajaran ber-
dasarkan karakteristik akseptor didik, kompetensi yang ingin
dicapai, dan bahan ajar; serta menyusun rancangan pem-
belajaran menurut taktik yang dipilih.
c. pelaksanaan pembelajaran dengan indikator esensial:
menata latar (setting) pembelajaran; dan melaksanakan
pembelajaran yang kondusif.
menata latar (setting) pembelajaran; dan melaksanakan
pembelajaran yang kondusif.
d. perancangan dan pelaksanaan penilaian hasil belajar, dengan
indikator esensial: merancang dan melaksanakan evaluasi
(assesment) proses dan hasil mencar ilmu secara berkesinambu-
ngan dengan aneka macam metode; menganalisis hasil evaluasi
proses dan hasil mencar ilmu untuk memilih tingkat ketun-
tasan mencar ilmu (mastery learning); dan memanfaatkan hasil
penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program
pembelajaran secara umum, pengembangan akseptor didik
untuk mengaktualisasikan aneka macam potensi yang dimil-
ikinya, dengan indikator esensial: memfasilitasi akseptor di-
dik untuk pengembangan aneka macam potensi akademik; dan
memfasilitasi akseptor didik untuk menyebarkan berb-
agai potensi nonakademik.
indikator esensial: merancang dan melaksanakan evaluasi
(assesment) proses dan hasil mencar ilmu secara berkesinambu-
ngan dengan aneka macam metode; menganalisis hasil evaluasi
proses dan hasil mencar ilmu untuk memilih tingkat ketun-
tasan mencar ilmu (mastery learning); dan memanfaatkan hasil
penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program
pembelajaran secara umum, pengembangan akseptor didik
untuk mengaktualisasikan aneka macam potensi yang dimil-
ikinya, dengan indikator esensial: memfasilitasi akseptor di-
dik untuk pengembangan aneka macam potensi akademik; dan
memfasilitasi akseptor didik untuk menyebarkan berb-
agai potensi nonakademik.
Jawab:
Kompetensi profesional merupakan penguasaan materi
pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup
penguasaan bahan kurikulum mata pelajaran di sekolah dan
substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan
terhadap stuktur dan metodologi keilmuannya.
pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup
penguasaan bahan kurikulum mata pelajaran di sekolah dan
substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan
terhadap stuktur dan metodologi keilmuannya.
Menguasai substansi keilmuan yang terkait dengan bidang
studi mempunyai indikator esensial: memahami bahan didik yang
ada dalam kurikulum sekolah; memahami struktur, konsep dan
metode keilmuan yang menaungi atau koheren dengan materi
ajar; memahami korelasi konsep antarmata pelajaran terkait;
dan menerapkan konsep-konsep keilmuan dalam kehidupan
sehari-hari.
studi mempunyai indikator esensial: memahami bahan didik yang
ada dalam kurikulum sekolah; memahami struktur, konsep dan
metode keilmuan yang menaungi atau koheren dengan materi
ajar; memahami korelasi konsep antarmata pelajaran terkait;
dan menerapkan konsep-konsep keilmuan dalam kehidupan
sehari-hari.
Menguasai struktur dan metode keilmuan mempunyai indikator
esensial menguasai langkah-langkah penelitian dan kajian kritis
untuk memperdalam pengetahuan/materi bidang studi. Banyak
hebat pendidikan yang memperlihatkan koreksi seharusnya lebih
cocok dipakai istilah kompetensi akademik. Kompetensi
professional ialah untuk keempat kompetensi guru tersebut
di atas.
esensial menguasai langkah-langkah penelitian dan kajian kritis
untuk memperdalam pengetahuan/materi bidang studi. Banyak
hebat pendidikan yang memperlihatkan koreksi seharusnya lebih
cocok dipakai istilah kompetensi akademik. Kompetensi
professional ialah untuk keempat kompetensi guru tersebut
di atas.
Jawab:
Kompetensi sosial merupakan kemampuan guru untuk
berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan akseptor didik,
sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta
didik, dan masyarakat sekitar.
berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan akseptor didik,
sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta
didik, dan masyarakat sekitar.
Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan
akseptor didik, mempunyai indikator esensial: berkomunikasi se-
cara efektif dengan akseptor didik. Mampu berkomunikasi dan
bergaul secara efektif dengan sesama pendidik dan tenaga
kependidikan. Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efek-
tif dengan orang tua/wali akseptor didik dan masyarakat sekitar.
akseptor didik, mempunyai indikator esensial: berkomunikasi se-
cara efektif dengan akseptor didik. Mampu berkomunikasi dan
bergaul secara efektif dengan sesama pendidik dan tenaga
kependidikan. Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efek-
tif dengan orang tua/wali akseptor didik dan masyarakat sekitar.
Jawab:
Kompetensi kepribadian merupakan kemampuan personal
yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa,
arif, dan berwibawa, menjadi rujukan bagi akseptor didik, dan
berakhlak mulia.
yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa,
arif, dan berwibawa, menjadi rujukan bagi akseptor didik, dan
berakhlak mulia.
Kepribadian yang mantap dan stabil mempunyai indikator esensial:
bertindak sesuai dengan norma hukum; bertindak sesuai
dengan norma sosial; besar hati sebagai guru; dan memiliki
konsistensi dalam bertindak sesuai dengan norma.
bertindak sesuai dengan norma hukum; bertindak sesuai
dengan norma sosial; besar hati sebagai guru; dan memiliki
konsistensi dalam bertindak sesuai dengan norma.
Kepribadian yang remaja mempunyai indikator esensial:
menampilkan kemandirian dalam bertindak sebagai pendidik
dan mempunyai etos kerja sebagai guru.
menampilkan kemandirian dalam bertindak sebagai pendidik
dan mempunyai etos kerja sebagai guru.
Kepribadian yang pandai mempunyai indikator esensial: menampilkan
tindakan yang didasarkan pada kemanfaatan akseptor didik,
sekolah, dan masyarakat serta memperlihatkan keterbukaan
dalam berpikir dan bertindak.
tindakan yang didasarkan pada kemanfaatan akseptor didik,
sekolah, dan masyarakat serta memperlihatkan keterbukaan
dalam berpikir dan bertindak.
Kepribadian yang berwibawa mempunyai indikator esensial:
mempunyai sikap yang kuat positif terhadap peserta
didik dan mempunyai sikap yang disegani.
mempunyai sikap yang kuat positif terhadap peserta
didik dan mempunyai sikap yang disegani.
Akhlak mulia dan sanggup menjadi rujukan mempunyai indikator
esensial: bertindak sesuai dengan norma religius (iman dan
taqwa, jujur, ikhlas, suka menolong), dan mempunyai perilaku
yang diteladani akseptor didik.
esensial: bertindak sesuai dengan norma religius (iman dan
taqwa, jujur, ikhlas, suka menolong), dan mempunyai perilaku
yang diteladani akseptor didik.
Jawab:
Guru yang telah mempunyai akta pendidik harus terus
melaksanakan peningkatan kompetensinya melalui berbagai
kegiatan untuk meningkatkan profesionalitasnya dengan
mengikuti kegiatan-kegiatan pengembangan keprofesian guru
berkelanjutan (cont inous professioal development). Hal ini
harus berlangsung secara berkesinambungan, alasannya prinsip
fundamental ialah guru harus merupakan a learning person,
mencar ilmu sepanjang hayat masih dikandung badan. Sebagai guru
profesional dan telah menyandang akta pendidik, guru
berkewajiban untuk terus mempertahankan profesionalitasnya
sebagai guru. Pembinaan profesi guru secara terus menerus
memakai wadah guru yang sudah ada, menyerupai kelompok
kerja guru (KKG) untuk tingkat SD dan musyawarah guru mata
pelajaran (MGMP) untuk guru-guru SMP, SMA, dan SMK,
perguruan tinggi dan di tempat lain yang merupakan wahana
pemeliharaan dan peningkatan kompetensi.
melaksanakan peningkatan kompetensinya melalui berbagai
kegiatan untuk meningkatkan profesionalitasnya dengan
mengikuti kegiatan-kegiatan pengembangan keprofesian guru
berkelanjutan (cont inous professioal development). Hal ini
harus berlangsung secara berkesinambungan, alasannya prinsip
fundamental ialah guru harus merupakan a learning person,
mencar ilmu sepanjang hayat masih dikandung badan. Sebagai guru
profesional dan telah menyandang akta pendidik, guru
berkewajiban untuk terus mempertahankan profesionalitasnya
sebagai guru. Pembinaan profesi guru secara terus menerus
memakai wadah guru yang sudah ada, menyerupai kelompok
kerja guru (KKG) untuk tingkat SD dan musyawarah guru mata
pelajaran (MGMP) untuk guru-guru SMP, SMA, dan SMK,
perguruan tinggi dan di tempat lain yang merupakan wahana
pemeliharaan dan peningkatan kompetensi.
Demikianlah Tanya Jawab Tentang Sertifikasi Guru Tahun 2019
0 Response to "Tanya Jawab Perihal Sertifikasi Guru Tahun 2019"
Post a Comment